Senin 19 Sep 2016 06:56 WIB

Tahukah Anda Isi Wajib Kotak P3K?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kotak P3K
Foto: flickr
Kotak P3K

REPUBLIKA.CO.ID, Secara umum, perlengkapan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) berfungsi sebagai upaya pertolongan sementara sebelum mendapatkan perawatan yang lebih intensif dari dokter. Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life, Dr Lelitasari, mengatakan perlengkapan P3K baiknya disiapkan di rumah, tempat kerja, kendaraan, dan personal yang dapat dibawa kemanapun.

Apa saja isi wajib kotak atau kantong P3K Anda?

Menurutnya, beberapa hal yang wajib dimiliki dan masuk dalam kotak P3K. Minimal di kotak P3K ada kassa steril. Kassa steril karena ukurannya kecil sehingga penggunaannya juga untuk menutup luka kecil. “Kalau luka besar bisa gunakan pembalut wanita. Sebab untuk kassa steril harus beli di apotik, kalau di jalan yang gampang diperoleh diwarung adalah pembalut wanita. Di rumah jika ada wanita pasti ada pembalut. Sediakan saja jaga-jaga kalau luka besar,” jelasnya dalam Media Workshop Siap P3K Bersama #SiagaHansaplast, di Jakarta.

Selain itu, sediakan plester cepat berbagai ukuran, bisa juga sediakan plester roll. Sediakan juga perban, iodine, antiseptik, pinset, gunting untuk memotong perban dan tentunya buku petunjuk penggunaan.

Jangan lupa sediakan sarung tangan lateks. Ini penting kalau yang ditolong adalah bukan anggota keluarga. Jika yang cedera atau luka adalah anggota keluarga sendiri tidak masalah tidak pakai sarung tangan, karena kita sudah tahu kondisinya. Tapi kalau orang lain yang luka atau cedera, dan mengeluarkan darah, bisa jadi dia menularkan penyakit yang menular lewat darah misalnya hepatitis A, hepatitis B atau AIDS.

Bisa juga sediakan obat. Namun harus hati-hati dalam pemberiannya, karena ada orang yang alergi obat. Pastikan tidak ada alergi sebelum meminum obat. Sebab jika dia alergi maka bisa bengkak-bengkak ketika minum obat tertentu. Perlengkapan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumah atau di jalan. Dan perhatikan pula tanggal kedaluwarsanya.

“Siap P3K tidak berarti hanya melengkapi kotak penyimpanan, akan tetapi penting untuk mengenali setiap barang agar mengetahui cara menggunakannya dengan baik dan benar, meletakkan kotak P3K di area yang terlihat dan mudah dijangkau, serta rutin untuk memeriksa tanggal kedaluwarsanya. Jangan sampai perlengkapan P3K hanya menjadi aksesoris semata, kita juga harus cermat dalam menjaga kualitas kontennya,” paparnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement