Selasa 08 Nov 2016 12:01 WIB

Rahasia Hidup Panjang, Makan Buah dan Sayur Sebanyak Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Konsumsi buah dan sayuran baik untuk mencegah keriput.
Foto: wikipedia
Konsumsi buah dan sayuran baik untuk mencegah keriput.

REPUBLIKA.CO.ID, Orang-orang pada umumnya sudah mengetahui manfaat kesehatan dari buah dan sayur. Secara khusus, peneliti dari University of London menyebutkan bahwa makan tujuh porsi sayur dan buah segar setiap hari mengurangi risiko kematian hingga 42 persen.

Peneliti memperhatikan kebiasaan makan lebih dari 65 ribu orang selama 12 pekan. Mereka yang makan tujuh porsi buah dan sayur 25 persen berisiko rendah dari kematian akibat kanker, sementara 31 persennya lebih rendah akibat kematian yang dipicu penyakit kardiovaskular. Temuan ini dilaporkan dalam Journal of Epidemiology & Community Health.

Dilansir dari Natural News, Selasa (8/11), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mendata, pria 30 tahun yang berolah raga 30-60 menit sehari membutuhkan setidaknya dua cangkir buah dan 3,5 cangkir sayuran setiap hari. Persyaratannya bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat kesulitan olah raganya, hingga diet.

Ahli kebugaran, Dr Melina Jampolis mengatakan buah memiliki hampir tiga kalori per porsi, sehingga perlu memperhatikan keseimbangan porsinya. Meski demikian, ada juga orang yang mono-fruiters lebih suka mengonsumsi buah yang sama setiap hari. Ini contohnya Freelee yang terkenal sebagai gadis pisang karena mengonsumsi 30 buah pisang per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement