Sabtu 03 Nov 2018 14:06 WIB

Tumpak Sewu, Tebing Nirwana dengan Alirannya nan Indah

Air terjun di tebing dengan banyak aliran yang membuat tumpahan air meliuk cantik

Red: Hazliansyah
Wisatawan tengah menikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu
Foto:
Wisatawan tenga menikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu atau yang juga disebut Tebing Nirwana

"Kalau mau tracking ke bawah, yang dibutuhkan tentu stamina, bawa sandal gunung, baju ganti, air minum, dan kewaspadaan. Karena turunnya setinggi 400 meter," ujar Abdul Karim, Ketua Pokdarwis Sidomulyo, beberapa waktu lalu.

Menuju dasar tebing bisa dimulai dari titik panorama. Dari ujung titik panorama, tinggal menuruni jalan tanah setapak yang ada di sebelah kiri. Karena medan yang sedikit berat, kehadiran pemandu lokal merupakan hal wajib yang harus dipenuhi.

Setelah sekitar 20 meter menyusuri jalan setapak, jalur sedikit ekstrem dimulai. Adalah jalan berundak yang terbuat dari potongan bambu. Jarak dari masing-masing anak tangga yang sedikit lebar membuat kekuatan otot paha dan kaki secara keseluruhan teruji. Belum lagi jika sore hari tiba atau usai turun hujan, yang akan membuat pijakan sedikit licin.

"Karena itu sandal atau sepatu gunung yang sesuai sangat disarankan," ujar Abul Karim.

Saat menuruni anak tangga, pegangan di kanan dan kiri sebenarnya telah tersedia. Atas inisiatif Abdul Karim dan rekan-rekan di Pokdarwis Sidomulyo, mereka secara swadaya membuat tangga menurun dengan bambu serta peganganya dengan baik.

Ketika masih baru dibangun sekitar dua tahun lalu, potongan bambu masih terlihat kuat. Namun karena sifatnya yang mudah keropos karena terpaan alam, material bambu sudah banyak yang rusak. Terutama setelah melewati pos peristirahatan pertama.

Tidak jarang pegangan bambu terganti dengan seutas tambang. Tambang itu pula yang akan menjadi satu-satunya pegangan saat kita melintasi aliran air yang cukup deras di pinggir tebing.

"Berjalan turun dengan menghadap ke tebing merupakan trik yang bisa dilakukan," ujar Abdul Karim.

photo
Akses menuju dasar air terjun Tumpak Sewu

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement