Ahad 09 Jun 2024 10:07 WIB

Jabar Optimistis Pariwisata Dapat Tumbuh Progresif

Pariwisata di Jabar bisa tumbuh progresif bila semua pihak mau bergotong royong.

Red: Arie Lukihardianti
Sekda Jabar Herman Suryatman saat melakukan pertemuan konsolidasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar dan stakeholder kepariwisataan
Foto: Dok Republika
Sekda Jabar Herman Suryatman saat melakukan pertemuan konsolidasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar dan stakeholder kepariwisataan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman optimistis pariwisata Jabar dapat tumbuh progresif. Karena, wilayah Jawa Barat memiliki kekayaan alam dan budaya yang potensial. Jadi, bukan hanya wisata alam, tapi juga wisata seni budaya, wisata konvensi, wisata agro, wisata kuliner, wisata belanja, wisata olahraga, konser musik, festival, dan lainnya bisa terus digali dan dimaksimalkan. 

"Harus ada tindak lanjut apa yang bisa menstimulus perkembangan pariwisata di Jawa Barat," ujar Herman Suryatman saat melakukan pertemuan konsolidasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar dan stakeholder kepariwisataan di kantor Disparbud Jabar, Kota Bandung, Sabtu (8/6/2024). 

Baca Juga

Menurutnya, tentu dari semua pihak mulai dari pemerintah, pelaku jasa wisata harus bersama-sama, bergotong royong. Karena, pariwisata di Jabar bisa tumbuh progresif bila semua pihak mau bergotong royong. Yakni, kolaborasi antara akademisi, bisnis, komunitas, pemerintahan hingga media (ABCGM) penting dalam mengeksplorasi potensi yang dimiliki Jabar. 

Pada kesempatan itu Herman pun berdiskusi dengan sejumlah stakeholder pariwisata seperti Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), seniman hingga insan pariwisata lainnya. 

Ia menampung semua aspirasi yang disampaikan. Herman bertekad Pemda Provinsi Jabar segera memberikan feedback berupa tindak lanjut yang dapat segera dilakukan secara konkret. 

"Tentu kami juga berharap partisipasi pelaku jasa pariwisata harus progresif, tidak mungkin Jabar maju di bidang pariwisata tanpa kerja sama semua pihak. Kita punya basic budaya yang bagus, maka kita harus sabilulungan, guyub, gotong royong. Kita gali potensi wisata kita," paparnya. 

Apalagi, kata dia, Jabar mempunyai infrastruktur penunjang yang membuat aksesibilitas dari dan ke Jabar semakin mudah. Misalnya jalan tol, kereta cepat Whoosh hingga Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan juga infrastruktur penunjang lainnya. "Saya yakin pariwisata Jabar akan terdepan di Indonesia," katanya.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement