Selasa 25 Mar 2014 19:06 WIB

Ingin Jadi Freelancer? Pahami Dulu Hal Berikut

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Hazliansyah
Freelancer (ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Freelancer (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini keputusan menjadi freelancer cukup banyak diminati sebagian orang. Alasannya, freelancer memiliki waktu fleksibel dibanding ketika bekerja kantoran.

Jika dilihat dari sisi tersebut, menjadi freelancer memang cukup menggoda. Namun bagi Anda yang berniat menjadi freelancer sebaiknya perhatikan dulu hal-hal berikut agar keputusan tersebut tidak membuat menyesal.

Indonesia Country Manager Freelancer.com, Helma Kusuma mengatakan, seorang freelancer akan dihadapkan pada metode pengaturan keuangan. Pengaturan keuangan yang benar merupakan salah satu tantangan terberat yang dihadapi setiap freelancer, terutama fulltime freelancer

Uang berperan sangat penting ketika seseorang bekerja untuk dirinya sendiri. Memastikan ada uang masuk yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian sambil mencoba menabung untuk masa-masa “paceklik” dapat menjadi salah satu hal tersulit untuk diwujudkan. Bahkan, ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa banyak freelancer gagal dalam kariernya.