Selasa 14 Jan 2014 06:16 WIB

Cantik Tanpa Bedah Plastik, Ini Kiatnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Cantik alami tanpa bedah plastik/ilustrasi
Foto: prayogi/republika
Cantik alami tanpa bedah plastik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Perempuan harus berusaha untuk bisa tampil cantik. Beberapa perempuan bahkan berusaha berlebihan dan berani melakukan bedah plastik demi kecantikannya. Padahal, ada banyak cara yang bisa ditempuh tanpa harus menempuh upaya ekstrem seperti bedah plastik. Direktur utama sebuah klinik kecantikan, dr Catherine Tjahjadi, mengatakan, sejumlah klinik kini menawarkan beberapa metode membuat perempuan tak perlu bertemu ruang operasi.

Catherine menjelaskan sejumlah metode, di antaranya terdapat di kliniknya, yaitu Lavita Bella, yang terletak di Setiabudi Selatan, Jaksel. Teknologi memungkinkan prosedur perbaikan wajah tanpa bedah plastik. Derma filler, sebut Catherine, merupakan metode menggunakan gel dalam bentuk asam hialuronat (HA) alami yang disuntikkan ke dalam wajah yang ingin diperbaiki, seperti hidung, dagu, atau pipi.

“Asam hialuronat yang berfungsi memberi volume dan menambah kontur pada area manapun pada wa jah ini kemudian memperbaiki kekurangan pada wa jah sebelumnya,” katanya. Perbaikan yang bisa diatasi dengan derma filler adalah mengurangi keriput dan garis-garis penuaan. Seperti, garis hidung ke mulut, garis di antara alis, sudut mulut, dan dahi. Kemudian, memberi volume dan menambah kontur pada hidung, pipi, dagu, dahi, dan kelopak mata.

Gel yang sama juga bisa diinjeksikan ke area kulit lainnya. Contohnya, payudara, belakang tangan, serta leher. Kulit yang mengendur pun dapat tampil lebih elastis dan kencang.

Catherine mengatakan, risiko penggunaan metode derma filler tergolong lebih ringan. Sebab, prosedur ini tidak permanen. Prosesnya juga tidak memakan waktu lama, hanya 30 menit. Hasilnya juga dapat dilihat seketika. Pasien yang baru menjalani perawatan ini bisa langsung beraktivitas seperti biasa tanpa membutuhkan waktu pemulihan yang panjang seperti usai operasi.

Bagi mereka yang ingin mengencangkan tubuhnya bisa melupakan metode sedot lemak. Catherine berujar, venus freeze bisa dijadikan alternatif. Metode ini menghantarkan multipolar radio frequency dan pulsa magnetik ke kulit untuk menghasilkan matrik panas yang padat merata.

Sintesis kolagen dan kontraksi, proliferasi fibroblast, pembentukan pembuluh darah baru, dan penghancuran lemak pun muncul melalui venus freeze. Teknik ini dapat diaplikasikan di wajah, leher, dan semua bagian tubuh.

“Kelebihan metode ini adalah saat aplikasi, kulit akan cepat mencapai suhu 40 derajat Celsius sehingga merangsang pembentukan kolagen dan serat fibrom di kulit yang dapat meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit. Hasilnya, kulit akan tampak lebih kencang, kemudian kerutan dan selulit bisa berkurang, dan mengurangi lingkar tubuh,” papar dia.

Venus freeze bisa diaplikasikan untuk perempuan dan laki-laki berusia 30 tahun sampai 50 tahun. Termasuk, mereka yang dalam rentang usia 20-an tahun, biasanya untuk meniruskan pipi. Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan menjalani perawatan venus freeze. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ كَانَ عَلٰى بَيِّنَةٍ مِّنْ رَّبِّهٖ وَيَتْلُوْهُ شَاهِدٌ مِّنْهُ وَمِنْ قَبْلِهٖ كِتٰبُ مُوْسٰىٓ اِمَامًا وَّرَحْمَةًۗ اُولٰۤىِٕكَ يُؤْمِنُوْنَ بِهٖ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِهٖ مِنَ الْاَحْزَابِ فَالنَّارُ مَوْعِدُهٗ فَلَا تَكُ فِيْ مِرْيَةٍ مِّنْهُ اِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّكَ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Maka apakah (orang-orang kafir itu sama dengan) orang yang sudah mempunyai bukti yang nyata (Al-Qur'an) dari Tuhannya, dan diikuti oleh saksi dari-Nya dan sebelumnya sudah ada pula Kitab Musa yang menjadi pedoman dan rahmat? Mereka beriman kepadanya (Al-Qur'an). Barangsiapa mengingkarinya (Al-Qur'an) di antara kelompok-kelompok (orang Quraisy), maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya, karena itu janganlah engkau ragu terhadap Al-Qur'an. Sungguh, Al-Qur'an itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.

(QS. Hud ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement