Sabtu 17 Jan 2015 23:52 WIB

Bogor akan Manjakan Pejalan Kaki

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Kota Bogor ki ni semakin berbenah diri dengan membenahi jalur pedestrian atau jalur khusus bagi pejalan kaki. Pejalan kaki diharapkan dapat menikmati keindahan dan kesejukan Kota Hujan tersebut.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, wilayah yang dipimpinnya itu akan segera dipenuhi dengan jalur pedestrian, terutama di pusat kota. Jalur itu akan dibuat senyaman mungkin agar masyarakat tidak segan untuk menggunakannya. "Bertahap dan memerlukan waktu yang tidak sebentar," katanya, Jumat (16/1).

Pembangunan jalur pedestrian merupakan salah satu dari lima program prioritas pemkot. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp 23 miliar untuk penataan ruang publik dan pedestrian pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015. Hal ini dinilainya memerlukan dukungan dari semua pihak.

Bima Arya pun secara rutin melakukan inspeksi ke Jalan Mayor Oking, tempat pekerjaan fisik jalur pedestrian sedang dilakukan. Pekan lalu, ia bersama Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna meninjau langsung proses pembangunan pedestrian.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Syarif Hidayat mengatakan, saat ini Pemkot telah memfokuskan pembangunan jalur pedestrian di sekitar Stasiun Bogor. Jalur pintu masuk Stasiun Bogor di Jalan Mayor Oking kini telah diberi pagar pembatas bagi pejalan kaki dan angkutan umum.

Pembangunan jalur pedestrian juga dilakukan di sepanjang  Jalan Kapten Muslihat. Jalur pedestrian tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat pejalan kaki, tetapi juga sebagai batas antara lahan pribadi dan lahan publik.

Dalam rancangannya, jalur pedestrian akan dibuat dari Stasiun Bogor hingga SMA Negeri 1 Bogor dan Bogor Trade Mall (BTM). Selain itu, pedestrian di sekeliling Kebun Raya Bogor juga akan diperbaiki. Hal ini dinilainya akan semakin membuat kota yang terkenal dengan talas tersebut semakin ramah wisatawan.

Warga juga dapat berolahraga dengan berlari atau berjalan pada pagi hari untuk menjaga kesehatan. Hal ini dapat dilakukan di berbagai wilayah yang memiliki jalur pedestrian. c09 ed: erdy nasrul

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement