Rabu 20 Jul 2011 20:07 WIB

Hadapi Mudik, ASDP Merak Beli Dua Kapal Bekas

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,MERAK--PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) pusat di Jakarta pada bulan Agustus mendatang akan mengirimkan dua kapal Roll on Roll off (roro) bekas ke Pelabuhan Merak.

"Kami perkirakan bulan Agustus nanti dua unit kapal roro akan sampai ke Pelabuhan Merak untuk melayani penyeberangan disana," kata Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat, Rabu.

Dia menjelaskan, pengiriman dua kapal roro untuk lintasan Merak - Bakauheni dimaksudkan untuk mengantisipasi antrean dan penumpukan kendaraan menjelang idul fitri 2011.

"Untuk persis kapannya kapal roro bekas yang kami beli masuk lintasan Merak - Bakauheni belum tahu, tapi kami pastikan kalau dua kapal tersebut akan masuk lintasan pada bulan Agustus," katanya menjelaskan.

Sementara ketika disinggung berapa anggaran untuk membeli dua kapal roro bekas yang tengah berproses, Christie mengaku tidak mengetahui. "Kalau berapa harganya saya tidak tahu, karena yang melakukan proses pembelian dua kapal roro ada tim tersendiri," katanya menambahkan.

Namun demikian, pihaknya menjelaskan, dua kapal roro bekas tersebut berasal dari luar negeri, seperi Jepang, Korea, dan Amerika. "Informasi yang saya peroleh, kapal bekas itu dari luar negeri, dan sekarang sudah ada beberapa perusahan yang mengajukan penawaran kami, kurang lebih ada 10 kapal roro bekas yang ditawarkan," katanya menambahkan.

Terpisah, Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, mengakui, dalam waktu dekat, ASDP pusat akan mengirimkan kapal roro bekas ke Pelabuhan Merak.

"Kapal roro bekas itu memang untuk persiapan arus mudik lebaran tahun ini," kata La Mane singkat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement