Selasa 24 Jan 2012 06:02 WIB

Uni Eropa Embargo Iran, Harga Minyak Melambung

Red: Heri Ruslan
Uni Eropa
Foto: AP
Uni Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Harga minyak naik moderat pada Senin (Selasa pagi WIB), setelah Uni Eropa menjatuhkan embargo pada ekspor minyak mentah Iran sebagai bagian dari sanksi baru keras ditujukan untuk menghentikan Teheran dari pendanaan program nuklirnya yang kontroversial.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate untuk pengiriman Maret naik 1,25 dolar AS menjadi 99,58 dolar AS per barel, setelah embargo yang diperkirakan secara luas diumumkan.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Maret naik 72 sen menjadi 110,58 dolar AS per barel. Setelah pembicaraan berminggu-minggu, Uni Eropa pada Senin sepakat untuk melarang impor minyak dari Iran sebagai bagian dari upaya bersama dengan Amerika Serikat untuk menekan Teheran menghentikan program senjata nuklirnya yang dituduhkan. Teheran membantah sedang mengembangkan senjata nuklir.

Uni Eropa juga membekukan aset bank sentral negara itu "sambil memastikan bahwa perdagangan yang sah dapat terus di bawah persyaratan yang ketat."