Senin 12 Mar 2012 16:34 WIB

Kemenkumham Anggap UU KPK Masih Oke, tak Perlu Revisi

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Gedung KPK
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Undang-Undang 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ada sekarang dinilai masih sangat memadai. ''Bayangkan saja, dengan undang-undang yang ada saja KPK sudah begitu repot,'' kata Menteri Hukum dan HAM, Ami Syamsuddin di gedung DPR, Jakarta, Senin (12/3).

Polemik mengenai revisi UU KPK ramai dibicarakan belakangan ini. Pasalnya, dikabarkan ada keinginan untuk memangkas kewenangan KPK sehingga tak lagi menjadi lembaga superbody. Antara lain, kewenangan penindakan.

Komisi III yang membawahi bidang hukum bahkan sampai mengutus rombongan ke Prancis dan Jerman untuk mencari masukan terkait revisi UU KPK tersebut. Malah, rencananya juga akan melakukan kunjungan ke Hongkong dan Korea Selatan dengan agenda yang sama.

''Kalaulah nanti undang-undang yang menggantinya itu lebih efektif dari yang ada sekarang mungkin kita bersyukur. Tapi kita kan belum tahu,'' jelas Amir.

Ia pun mengisyaratkan tidak perlu ada upaya untuk melakukan revisi undang-undang tersebut. Apalagi, jelasnya, usulan ini merupakan cetusan satu-dua orang anggota dewan. ''Tunggu pada satu saat negara kita semakmur Prancis, mungkin boleh saja dipertimbangkan (revisi UU KPK).''

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement