Kamis 19 Apr 2012 14:47 WIB

'Ngehip-Hop' Ala Yogyakarta di TIM

Red: Djibril Muhammad
Grup rap Jogja Hip Hop Foundation
Foto: Wahyu Putro/Antara
Grup rap Jogja Hip Hop Foundation

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kelompok musik beraliran hip hop yang tergabung dalam Jogya Hip Hop Foundation akan tampil dan menghibur khalayak Jakarta dalam konser yang bertajuk 'Newyorkarto' pada 27-28 April mendatang.

Keterangan pers dari pengelola Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta yang diterima oleh ANTARA di Jakarta, Kamis menjelaskan, konser yang dijanjikan bakal berlangsung energik itu juga akan diramaikan oleh Kua Etnika, Soimah Pancawati, Saykoji, Iwa K, Butet Kartaredjasa dan Ki Catur 'benyek' Kuncoro.

Pagelaran yang ditata musiknya oleh Djaduk Ferianto tersebut merupakan konser hip hop yang pertama di Indonesia yang memadukan musik hip hop dengan orkestrasi musik gamelan dan string orkestra. Bahkan, pada konteks pertunjukan musik dunia, memadukan gamelan dan orkestra ke dalam musik hip hop, juga boleh dibilang pertama kali dilakukan.

Dalam konser NewYorkarto ini, semua elemen artistik dan musik membangun sebuah struktur pertunjukan yang berkesinambungan, yang alurnya disusun dari lagu-lagu karya Jogja Hip Hop Foundation.