Selasa 24 Apr 2012 05:51 WIB

Tiga Tokoh Dunia Raih Nobel Perdamaian

Rep: Amri Amrullah/ Red: Heri Ruslan
Dalai Lama
Foto: Lenny Ignelzi/AP
Dalai Lama

REPUBLIKA.CO.ID,  CHICAGO -- Tiga pemimpin negara dan tokoh dunia meraih Nobel Perdamaian pada pertemuan puncak Penghargaan Nobel di Chicago, Senin (23/4). Ketiga tokoh tersebut adalah Mikhail Gorbachev, Dalai Lama, dan mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Jimmy Carter.

Pertemuan puncak penghargaan peraih Nobel Perdamaian, diselenggarakan beberapa pekan sebelum Chicago menjadi tuan rumah Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Penghargaan Nobel kali ini berjudul 'Berbicara untuk Kebebasan dan Hak Asasi Manusia'. Pemenang Nobel Perdamaian akan dijamu makan malam dengan mantan Presiden Bill Clinton, pada Senin malam.

Koordinator Panitia Komite Penghargaan Nobel Perdamaian, Rahm Emanuel mengatakan, para pemenang dilihat dari kontribusi mereka terhadap hak asasi manusia dan perdamaian dunia. "Serta kontribusi mereka menginspirasi bagi orang banyak," ujar Emanuel yang juga menjabat sebagai Walikota Chicago.

Pemenang Hadiah Nobel lain pun turut hadir, termasuk mantan Presiden Polandia Lech Walesa dan penggiat ekonomi kecil asal Bangladesh, Profesor Muhammad Yunus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement