Sabtu 02 Jun 2012 16:59 WIB

Konsumsi Susu RI Lima Tetes Per Orang Per Hari

Rep: neni ridarineni/ Red: Taufik Rachman
Minum Susu (ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Minum Susu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Sekalipun konsumsi susu di Indonesia tergolong rendah, Indonesia belum bisa swasembada susu.

''Konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya lima tetes per orang per hari atau sekitar 11 liter per  orang per tahun dan ini paling rendah dibandingkan konsumsi susu di negara ASEAN maupun Eropa. Sementara sekitar 70 persen bahan baku susu masih dari luar negeri terutama New Zeland,''kata   Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan dalam sambutan Puncak Acara Peringatan Hari Susu Nusantara 2012, di Gedung Jogja Expo Centre, Sabtu (2/6).

Diakui Rusman, walaupun volume  susu sapi perah di Indonesia cukup banyak tetapi sebagian besar susu terbuang percuma, karena industri susu tidak mau menerima susu petani sapi perah. Karena itu harus ada pencitraan besar agar produksi susu nasional bisa ada jaminan dikonsumsi dan konsumsi susu segar masyarakat Indonesia juga meningkat yakni dengan program susu di sekolah.

Untuk itu Kementerian Pertanian dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana melakukan kerjasama untuk meningkatkan konsumsi susu segar pada anak usia dini. Karena susu murni merupakan sumber protein yang bernutrisi tinggi. Sehingga anak yang minum susu segar, tubuh bugar dan otak pintar.