Kamis 14 Jun 2012 18:35 WIB

Ini Dia Prioritas Menkes Baru

Rep: Esthi Maharani/ Red: Djibril Muhammad
Nafsiah Mboi
Foto: Widodo S. Jusuf/Antara
Nafsiah Mboi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru, Nafsiah Mboi memiliki sejumlah prioritas yang akan dilakukan setelah dilantik secara resmi dan menduduki jabatan strategis di pemerintahan. "Mencapai MDG’s, memperbaiki layanan masyarakat, kemudian jaminan kesehatan sosial," katanya usai pelantikan, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/6).

Ia mengatakan mendapatkan banyak arahan dari Presiden SBY maupun Wakil Presiden Boediono untuk mengemban tugas kenegaraan. Hanya saja, ia mengaku harus mempelajari terlebih dahulu apa yang harus direncanakan, dan prioritas dua tahun ke depan.

"Kemudian, kita bersama teman-temen Kemenkes, kita bisa melihat bagaimana kita bisa lebih efektif," katanya.

Namun khusus menyangkut soal jaminan kesehatan bagi rakyat kecil (Jamkesmas), Menkes setuju untuk membahas hal itu segera. Secara pribadi Nafsiah Mboi berpendapat pelaksanaan Jamkesmas harus dilakukan secara bertahap, dan sebagian harus bisa untuk promosi kesehatan pencegahan.

"Oleh karena kalau semua untuk pengobatan itu akan menyedot anggaran yang sangat luar biasa besarnya, dan akhirnya duitnya nggak cukup," papar Menkes.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement