Jumat 15 Jun 2012 12:47 WIB

Pendiri Demokrat Kumpulkan Lima Ribu Kader

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Dewi Mardiani
Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Untuk menjalankan rencana bersih-bersih dan mengembalikan tingkat elektabilitas partai, Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator (FKPD) Partai Demokrat akan menggelar acara susulan. Kali ini, selain dihadiri ketua dewan pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), rencananya akan mengundang lima ribu kader.

''Tentatif 30 Agustus, tanggal yang sementara disetujui SBY,'' kata Ketua FKPD Partai Demokrat, Ventje Rumangkang, Jumat (15/6).  Ia menjelaskan, acara itu akan menghadirkan para pendiri dan deklarator. Mulai dari tingkat provinsi, kota dan kabupaten. Termasuk anggota DPR periode 2004-2009. Diperkirakan ada sekitar tiga ribu orang yang berasal dari daerah, dan khusus dari Jabotabek ada dua ribu orang.

Agendanya, kata dia, yaitu sekadar untuk mengumpulkan kader-kader lama yang pada periode 2001-2005 berada paling depan dalam mendirikan partai. Termasuk ketika membantu partai mencapai angka ambang batas 7,5 persen. Itu pun dilakukan hanya dengan menjual figur SBY.

Ia menjelaskan, pertemuan itu sebagai bentuk kesepakatan untuk menyatukan kembali seluruh komponen Demokrat, mulai pusat sampai bawah. Tujuannya, untuk konsolidasi dalam rangka berjuang bersama-sama untuk mengembalikan citra Demokrat. ''Dengan memperbaiki tentu harusnya bersih-bersih dari orang yang terkena kasus hukum. Kita harapkan elektabilitas dapat naik,'' papar anggota dewan pembina Partai Demokrat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement