Selasa 18 Sep 2012 13:07 WIB

Miris, 145 Ribu Toilet SD Se-Indonesia tak Higienis

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hafidz Muftisany
Gerakan 1000 toilet higienis, memberikan edukasi tentang pentingnya hidup sehat.
Foto: Amin Madani/Republika
Gerakan 1000 toilet higienis, memberikan edukasi tentang pentingnya hidup sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBAYORAN BARU -- Sebanyak 145 ribu toilet di sekolah dasar seluruh Indonesia tidak higienis. Kondisi toilet yang seadanya dan kurang diperhatikan menjadi alasan toilet adalah sarang penyakit bagi anak-anak di sekolah dasar.

"Toilet di seluruh dunia ini memang selalu jadi masalah, apalagi di negara berkembang," ujar Dokter Handrawan Nadesul, penggagas program Dokter Kecil di sejumlah provinsi. Alasan utamanya adalah kebanyakan tidak mengetahui cara menggunakan toilet dengan benar sehingga hanya menjadi pengguna saja tapi enggan membersihkannya dengan benar.

Toilet, bersih saja tidak cukup tetapi juga perlu higienis. Higienis adalah kondisi tanpa kuman bakteri atau tidak melebihi ambang batas yang ditolelir, sedangkan bersih saja belum tentu higienis.

"Kita perlu bangsa yang sehat," ujar Naning S. Adiwoso, Pimpinan Asosiasi Indonesia. Ia menambahkan pada umumnya anak menghabiskan waktunya sebagian besar di sekolah, sehingga kondisi toilet yang bersih tidak akan menjadi sumber penyakit untuk anak.