Senin 08 Oct 2012 23:43 WIB

Menteri PU Ingin Masalah Pengelolaan Sampah Jadi Prioritas

Red: Didi Purwadi
Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.
Foto: Antara/Agus Bebeng
Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, menyatakan bahwa masalah pengelolaan sampah menjadi prioritas. Karena, sampah merupakan sumber dari ketidakbersihan di wilayah Indonesia.

"Oleh sebab itu, saat saya diminta hadir dalam simposium ini, saya sangat tertarik karena banyak hadir ahli dan kementerian dari seluruh dunia yang berpengalaman dalam mengatasi masalah sampah," kata Menteri usai membuka acara Asian-Pasifik Landfill Symposium (Aplas) di Denpasar, Bali, Senin.

Banyak kawasan mulai dari fasilitas umum sampai sungai atau kali di seluruh wilayah Tanah Air dipenuhi sampah dan terlihat sangat kotor. Akibatnya, tambah dia, sungai pun tidak dapat digunakan sebagai sumber air minum. Oleh karena itu, sampah harus dikelola dengan baik untuk menekan pencemaran tersebut.

"Jangan sampai sungai semakin rusak kondisinya. Sehingga, airnya tidak bisa dipakai dan kesehatan masyarakat pun semakin menurun," ujarnya.

Dia berharap adanya teknologi terapan pengolahan sampah yang lebih baik dapat menekan dan mengatasi masalah sampah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement