Selasa 20 Nov 2012 21:30 WIB

Ikut KB, Dapat Kambing

Rep: Heri Purwata/ Red: Didi Purwadi
Keluarga Berencana, ilustrasi
Keluarga Berencana, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Sebanyak 27 peserta keluarga berencana (KB) pria menggunakan metode operasi pria (MOP) di Kabupaten Kulonprogo masing-masing mendapat seekor kambing.

Penyerahan dilakukan Bupati Hasto Wardoyo dalam kegiatan Gebyar Motivator KB Pria melalui Gerebeg Pasar Tradisional di Balai Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Selasa (20/11).

 

Hasto mengatakan jumlah peserta KB pria di Kulonprogo masih sangat minim. Sehingga, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan jumlah pesertanya.

Meskipun telah diming-imingi hadiah kambing senilai Rp 1 juta, pihaknya tetap kesulitan mencapai peserta tujuh sampai 10 orang.

''Namun akhirnya dengan sms gateway kepada para dukuh se-Kulonprogo, kita akhirnya mampu mencapai 27 akseptor,'' kata Hasto.

Hasto yang juga dokter ini menjelaskan vasektomi tanpa pisau yang dilakukan terhadap peserta KB Pria ini tidak menghentikan proses reproduksi.

"Sehingga apabila bapak-bapak masih menginginkan anak atau bereproduksi, maka itu bisa direkanalisasi atau bisa disambung kembali,'' katanya. ''Teknologi sudah sangat maju, tidak perlu bayi tabung, tetapi disambung kembali sudah bisa.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement