Kamis 22 Nov 2012 20:13 WIB

Dalam Sebulan, Terjadi 24 Longsor di Tasikmalaya

Rep: Ghalih Huriarto/ Red: Chairul Akhmad
Rumah warga yang jadi korban tanah longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang jadi korban tanah longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya menyatakan hingga saat ini sudah terjadi longsor sebanyak 24 dalam bulan November.

Jumlah kejadian longsor tersebut naik dari bulan Oktober yang sebanyak 20 kejadian. Sehingga dalam dua bulan, terutama memasuki musim hujan sudah terjadi 44 kejadian longsor.

Data tersebut merupakan rekapitulasi kejadian longsor baik skala kecil maupun skala besar. Diperkirakan kerugian akibat longsor tersebut mencapai Rp 200 juta.

"Setiap kejadian longsor baik skala kecil maupun besar kami data. Itu merupakan laporan yang terjadi di berbagai daerah di Kabupaten Tasikmalaya," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kundang Sodikin, Kamis (22/11).

Kundang menuturkan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sendiri saat ini memiliki anggaran tidak terduga sebesar Rp 725 juta. Anggaran tersebut bisa digunakan untuk penanggulangan bencana alam.

Meski dana tersebut dianggap belum cukup, namun jika terjadi kekurangan dana, masih bisa dibantu dengan anggaran Pemerintah Provinsi dan Pusat. "Jika anggaran APBD dan dana Belanja tidak terduga (BTT) habis, maka provinsi dan pusat akan tetap membantu anggaran tersebut," kata dia.

Menurut peringkat, Kabupaten Tasikmalaya berada di posisi ke dua secara Nasional. Ada 19 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya yang termasuk ke dalam daerah rawan bencana longsor.

Kundang mengimbau kepada masyarakat untuk waspada, terutama masyarakat yang tinggal di kawasan pemukiman dengan kondisi lereng yang curam.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا كَانَ لِاَهْلِ الْمَدِيْنَةِ وَمَنْ حَوْلَهُمْ مِّنَ الْاَعْرَابِ اَنْ يَّتَخَلَّفُوْا عَنْ رَّسُوْلِ اللّٰهِ وَلَا يَرْغَبُوْا بِاَنْفُسِهِمْ عَنْ نَّفْسِهٖۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ لَا يُصِيْبُهُمْ ظَمَاٌ وَّلَا نَصَبٌ وَّلَا مَخْمَصَةٌ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا يَطَـُٔوْنَ مَوْطِئًا يَّغِيْظُ الْكُفَّارَ وَلَا يَنَالُوْنَ مِنْ عَدُوٍّ نَّيْلًا اِلَّا كُتِبَ لَهُمْ بِهٖ عَمَلٌ صَالِحٌۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُضِيْعُ اَجْرَ الْمُحْسِنِيْنَ
Tidak pantas bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak pantas (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada (mencintai) diri Rasul. Yang demikian itu karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan di jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka sebagai suatu amal kebajikan. Sungguh, Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik,

(QS. At-Taubah ayat 120)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement