Kamis 13 Dec 2012 13:44 WIB

Jokowi Berguru Marketing ke Hermawan Kartajaya

Rep: Rina Tri Handayani/ Red: Fernan Rahadi
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Joko Widodo (Jokowi) menerima Special Award Marketer dalam 'Post Marketer of the Year Achievement Award 2012' pada acara Markplus Conference 2013 Ballroom Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Kamis (13/12).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan banyak belajar pada Hermawan Kartajaya, di antaranya masalah pemasaran, marketing produk, brand, dan promosi.

Menurutnya, masalah marketing produk dan politik merupakan hal yang sama seperti membangun positioning, dan personal brand seperti yang dilakukan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Jokowi mengatakan selama masa kampanye di Jakarta dirinya menggunakan strategi tersebut dari awal sampai akhir. Dia menyebut baju kotak-kotak sebagai bentuk diferensiasi yang kemudian dijual ke masyarakat di saat yang lain tidak melakukannya.

Mantan wali kota Solo tersebut mengaku berasal dari kampung tapi menggunakan ilmu dari Hermawan untuk membangun marketing politik yang baik. Dia mengaku berjualan langsung ke masyarakat dari kampung ke kampung, pintu ke pintu. “Karena dulu saya tiga tahun jadi sales,” kata dia.

Strategi tersebut akhirnya berhasil menjadikannya gubernur terpilih DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement