Selasa 18 Dec 2012 14:08 WIB

Di AS, Alquran Diterjemahkan ke Bahasa Isyarat (1)

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Chairul Akhmad
Kampanye Alquran bahasa isyarat di Amerika.
Foto: examiner.com
Kampanye Alquran bahasa isyarat di Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika para penyandang tunanetra dapat membaca dan memahami Alquran melalui huruf braille, bagaimana dengan para penyandang tunarungu?

Selama ini, para penyandang tunarungu kesulitan dalam memahami istilah ataupun aksara Arab yang tak masuk dalam bahasa isyarat.

Alih bahasa pun menjadi kebutuhan mendesak bagi mereka untuk memahami Islam secara kafah.

Sebuah kabar gembira terkait hal itu datang dari komunitas Muslim Amerika yang tergabung dalam Organisasi Muslim Tunarungu Global (GDM). Sesuai namanya, para anggota organisasi ini pun merupakan penyandang tunarungu.

Organisasi yang berpusat di AS tersebut menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa isyarat standar Amerika atau ASL. Video tentang bahasa isyarat itu pun segera disebarluaskan ke segenap penjuru dunia.

Pengenalan kosakata Alquran ke dalam bahasa isyarat dilakukan dalam sebuah acara Asosiasi Komunitas Muslim (MCA) di California, AS, Ahad (2/12) silam. Presiden GDM, Nashiru Abdulai, membuka acara itu dengan mempresentasikan secara singkat kosakata Islam dalam bahasa isyarat ASL.

Selama ini, banyak kalangan mengira, para tunarungu cukup mengerti dengan membaca Alquran terjemahan bahasa Inggris. Faktanya, hal tersebut belum mampu memberikan pemahaman yang memadai tentang Islam.

Dengan menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa isyarat, para penyandang tunarungu akan sangat terbantu dalam memahami Islam. Untuk melakukan kegiatan mulia ini, GDM tak hanya melibatkan para ahli bahasa dan ulama, namun juga videografer profesional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement