Senin 07 Jan 2013 16:51 WIB

Film 'Cinta tapi Beda' Dipolisikan

Red: Citra Listya Rini
Cinta Tapi Beda
Cinta Tapi Beda

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Film karya terbaru sutradara Tanah Air ternama Hanung Bramantyo, berjudul ''Cinta tapi Beda'' dilaporkan ke Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Senin (7/1). Film yang bertemakan kisah percintaan insan berbeda keyakinan ini, dilaporkan oleh Ikatan Pemuda Pemudi Minangkabau (IPPMI) dan Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau (BK3AM).

Ketua tim kuasa hukum IPPMI, Zulhendri Hasan, mengatakan, pelaporan ini dilayangkan ke kepolisian, sebab disinyalir film akan menanamkan rasa kebencian dan penghinaan di muka umum terhadap etnis suku Minangkabau.

''Kami melaporkan ke Polda Metro Jaya sehubungan dengan tindakan Hanung dan kawan-kawan (termasuk produser serta pemain film) ini,'' kata Zulhendri usai membuat laporan ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK), di Kantor Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/1).

Zulhendri menjelaskan, alur cerita dari film ''Cinta tapi Beda'' ini, telah menanamkan rasa kebencian tersebut. Sebab, pada dasarnya, isi film telah menyimpang dari falsafah utama etnis suku Minangkabau yaitu, ''Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah'' (Adat berlandaskan syariat, syariat berlandaskan Kitabullah).