Selasa 05 Mar 2013 08:03 WIB

Pemerintah Akan Bangun 30 Trayek Busway Baru

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: M Irwan Ariefyanto
Jalur busway
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Jalur busway

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Demi mengurai kemacetan di Jabodetabek, Kementrian Perhubungan berencana membangun 30 trayek baru Bus Transjakarta hingga tahun 2020. Pembangunan trayek baru itu rencananya akan dimulai tahun 2014.

Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso mengatakan sebanyak 10 trayek bus pengumpan juga akan dibangun demi mendukung moda transportasi massal itu. Selain itu, kata dia, sejumlah infrastruktur juga akan dibangun, diantaranya fasilitas park and ride, fasilitas integrasi antar moda transportasi, dan fasilitas bagi pengguna sepeda dan pejalan kaki.

Dibutuhkan 738 armada bus untuk mengisi trayek baru tersebut. Jumlah itu, kata dia, dapat mengangkut 2,3 juta penumpang setiap harinya.

Pada tahap awal, pemerintah akan membangun empat trayek terlebih dahulu, yaitu trayek Pulogadung-Harapan Indah, Bekasi-Pinang Ranti, Blok M-Cinere, dan Bekasi-Cawang.  "Selama ini orang bangun gedung di Depok, di Bekasi, tapi tidak ditambah sarana transportasinya," kata dia.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan dengan rencana pembangunan trayek baru itu, diharapakan persoalan kemacetan dapat segera teratasi. "Target kita di tahun 2014 tidak akan ada macet total," ujarnya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement