Selasa 30 Apr 2013 06:02 WIB

Gerombolan Bersenjata Bunuh Lima Orang dan Rampok Bank

Red: Heri Ruslan
Kerumunan orang yang menyaksikan kerusakan akibat ledakan bom di Kaduna, Nigeria, Senin (9/4).
Foto: Sunday Alamba/AP
Kerumunan orang yang menyaksikan kerusakan akibat ledakan bom di Kaduna, Nigeria, Senin (9/4).

REPUBLIKA.CO.ID, KADUNA - Gerombolan bersenjata yang dilengkapi granat menyerang kantor polisi dan sebuh bank di bagian utara Nigeria, menewaskan tiga personel polisi dan dua warga sipil.

Gerombolan bersenjata itu masuk kota Ringim Kamis malam, kata juru bicara kepolisian negara bagian Jigawa, Abdul Jinjiri.

"Setelah menyerang kantor polisi dan membunuh tiga orang kami, mereka kemudian bergerak ke Unity Bank di dekatnya dan membunuh dua warga sipil di sana," kata Jinjiri. "Mereka tak dapat mengambil uang dari bank itu."

Serangan di Ringim, di negara bagian Jigawa, terjadi sehari setelah 25 orang meninggal dalam satu bentrokan terpisah antara pasukan keamanan Nigeria dan tersangka pelaku kejahatan yang merampok bank dan menyerang satu kantor polisi di negara bagian Yobe, di bagian timurlaut Nigeria.

Pihak berwenang meyakini para pelaku meningkatkan aksinya dengan sasaran bank untuk mendanai operasi-operasi mereka sementara tak ada lagi dukungan dari politisi lokal dan kelompok-kelompok yang berkedudukan di Sahara kocar-kacir setelah intervensi militer Prancis mengusir mereka dari Mali.

Jinjiri menolak mengatakan apakah kelompok Boko Haram, yang beroperasi di wilayah utara, berada di belakang bentrokan-bentrokan Kamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement