Kamis 16 May 2013 23:31 WIB

APEC Peluang Bagus Tunjukkan Potensi Investasi Tanah Air

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Peta keanggotaan APEC
Foto: Antara
Peta keanggotaan APEC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang akan menggelar forum bisnis di Bali, 1-9 Oktober 2013, merupakan kesempatan bagus untuk menunjukkan potensi guna meningkatkan jumlah investasi ke Indonesia.

"Ajang tersebut merupakan kesempatan yang bagus untuk menunjukkan potensi dan peluang-peluang bisnis investasi untuk negara-negara kawasan dan Indonesia," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Energi dan Migas, Wisnu Wardhana, Kamis (16/5).

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan APEC Leader's Week dengan melibatkan kementerian ekonomi, anggota APEC Business Advisory Council (ABAC) dan seribu pelaku usaha di kawasan ekonomi Asia Pasifik yang akan digelar di Bali, 1-8 Oktober 2013.

Dalam ajang itu, semua pimpinan pemerintahan dan pelaku usaha dari kawasan APEC diperkirakan akan menghadiri acara megah tersebut.

"Kami telah merancang simposium khusus untuk Investasi di Indonesia, tak terkecuali forum UMKM dalam rangkaian kegiatan APEC Leader's Week," katanya.

Wishnu mengemukakan,dalam penyelenggaraan kali ini pihaknya mengharapkan agar suara dunia usaha bisa ikut berperan dalam menentukan rekomendasi ekonomi untuk kawasan Asia Pasifik.

Ia mengakui bahwa kebijakan dalam APEC memang ditentukan oleh pemerintah dengan perjanjian perdagangan formal, tetapi fakta di lapangan yang menjadi penentu adalah kebutuhan bisnis.

Oleh karena itu, Kadin mengharapkan agar hasil rekomendasi dalam acuan integrasi ekonomi itu pada akhirnya bisa bermanfaat bagi negara-negara anggota APEC termasuk Indonesia.

"Indonesia dengan perkembangannya yang baik tengah menjadi sorotan. Sekarang tinggal bagaimana dunia usaha nasional bisa lebih berkiprah di kawasan Asia Pasifik," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement