Senin 20 May 2013 01:20 WIB

Sultan: Usia Harapan Hidup Warga DIY Tertinggi

Red: Yudha Manggala P Putra
Lansia (ilustrasi)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan usia harapan hidup warga di provinsi ini lebih tinggi dibanding rata-rata usia harapan hidup di Indonesia.

"Berdasarkan hasil Indek Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2012, menunjukkan usia harapan hidup warga DIY tertinggi di Indonesia," kata Sri Sultan HB X di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahad (29/5).

Menurut Sultan, pada pengarahan dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-17 tingkat DIY di Pantai Gua Cemara Bantul, usia rata-rata harapan hidup di DIY yakni 74 tahun untuk wanita dan 72 tahun untuk pria.

"Sementara usia harapan hidup nasional rata-rata 68 tahun," kata Raja Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat yang mengaku sudah lanjut usia karena saat ini sudah berusia 67 tahun.

Sultan mengatakan, jumlah lansia di DIY yang mencapai sekitar 15 persen dari total penduduk sebanyak 3,6 juta orang ini diharapkan terus menjaga kesehatan baik fisik maupun psikis atau pikiran.

"Saya mohon kepada bapak ibu lansia untuk terus menjaga kesehatan, juga punya kesadaran diri agar pada waktu makan jangan asal makan, atau makan secukupnya saja supaya tidak terlalu kenyang," katanya.

Peringatan HLUN tingkat DIY di Pantai Gua Cemara disemarakkan dengan senam bersama oleh sekitar 3.000 lansia dari berbagai kabupaten/kota se-DIY, selain itu acara juga dimeriahkan atraksi berbagai kesenian daerah.

"Kegiatan senam bugar lansia ini merupakan salah satu serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia ke-17 tingkat DIY yang puncak

acaranya digelar pada 29 Mei 2013," kata Ketua Panitia Senam Bugar Lansia se-DIY Wagiyo di sela kegiatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement