Kamis 27 Jun 2013 16:16 WIB

Kopi Gayo Laris Manis di Pasar Dunia

Red: Karta Raharja Ucu
Kopi Gayo
Foto: aped-project.org
Kopi Gayo

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Krisis Eropa tak mengurangi permintaan kopi asal dataran tinggi 'Tanah Gayo' di pasar dunia hingga Juni 2013.

"Tidak ada kenaikan permintaan disebabkan belum pulihnya krisis yang melanda Eropa. Padahal, target awal ekspor sekitar 50 ribu ton," kata Ketua Forum Kopi Aceh Mustafa Ali yang dihubungi dari Banda Aceh, Kamis (27/6).

Negara tujuan terbesar ekspor kopi asal dataran tinggi 'Tanah Gayo' yang meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues itu yakni Amerika Serikat dan Uni Eropa. "Kita prihatin belum pulihnya krisis ekonomi yang melanda kawasan Eropa. Kita berharap segera pulih sehingga ekspor komoditas perkebunan 'Tanah Gayo' kembali bergairah," katanya.

Selain itu, Mustafa juga menjelaskan masa panen kopi Brazil juga berdampak berkurangnya permintaan kopi 'Gayo' di pasar Amerika Serikat dan Uni Eropa. "Artinya, kopi Brazil lebih murah dan komsumen saat ini lebih banyak melirik membeli kopi dari Brazil," kata Ketua Forum Kopi Aceh itu.

Harga kopi Gayo kualitas ekspor di pasar dunia berkisar Rp 45 ribu per kilogram. Jenis kopi yang diusahakan masyarakat di daerah Aceh pedalaman itu yakni arabika.

Sementara harga biji kopi asalan dipasar lokal saat ini mencapai Rp 27 ribu per kilogram.

Mustafa menjelaskan, saat ini musim panen kopi di dataran tinggi Tanah Gayo sudah berakhir dan tidak ada masalah dengan hasil produksi pada panen pertama pada 2013 itu. Sementara panen kedua biji kopi arabika dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2013. "Kita berharap produktivitas panen kopi petani bisa terus meningkat dari tahun ke tahun," kata Mustafa Ali.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا جَعَلْنَآ اَصْحٰبَ النَّارِ اِلَّا مَلٰۤىِٕكَةً ۖوَّمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ اِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْاۙ لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِيْمَانًا وَّلَا يَرْتَابَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْمُؤْمِنُوْنَۙ وَلِيَقُوْلَ الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ وَّالْكٰفِرُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًاۗ كَذٰلِكَ يُضِلُّ اللّٰهُ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَمَا يَعْلَمُ جُنُوْدَ رَبِّكَ اِلَّا هُوَۗ وَمَا هِيَ اِلَّا ذِكْرٰى لِلْبَشَرِ ࣖ
Dan yang Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat; dan Kami menentukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu; dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (berkata), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri. Dan Saqar itu tidak lain hanyalah peringatan bagi manusia.

(QS. Al-Muddassir ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement