Sabtu 03 Aug 2013 13:43 WIB

Ribuan Pemudik Terjebak Kemacetan Panjang di Merak

Pelabuhan Merak, Banten.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pelabuhan Merak, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Ribuan pemudik yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten, ke Bakauheni, Lampung, terjebak kemacetan panjang akibat tingginya volume kendaraan dan perbaikan jalan, Sabtu (3/8) dini hari hingga siang.

Kemacetan ratusan kendaraan para pemudik yang umumnya bernomor polisi Jakarta, Bogor, Bandung dan sejumlah daerah lain di Pulau Jawa itu sudah terasa sejak KM 26 sampai pintu pembayaran tol Merak pada Sabtu pukul 02.30 WIB.

Kendaraan sepanjang jalan menuju pelabuhan tersendat pada H-5 Lebaran. Bahkan banyak di antara para pemudik dengan tujuan berbagai kota di Sumatra itu berulang kali mematikan mesin dan keluar dari kendaraan mereka untuk melihat situasi atau ke toilet milik rumah makan pinggir jalan.

Pengaspalan jalan yang berlangsung di ruas jalan depan sebuah rumah makan yang hanya berjarak dua kilometer dari areal Pelabuhan itu mengakibatkan antrean panjang.

Selain itu antrean panjang juga terjadi di areal Pelabuhan Merak untuk menunggu giliran masuk ke kapal-kapal Roll-On dan Roll-Off yang akan menyeberangkan mereka ke Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung.

Ali Imran Nasution, pemudik dari Jakarta dengan tujuan Medan, mengatakan kemacetan selama lebih dari lima jam yang dia alami bersama sejumlah anggota keluarganya bersama ribuan pemudik lainnya itu tidak seharusnya terjadi.

Ia mengatakan kemacetan panjang yang ditambah dengan antrean para pemudik berkendaraan menuju feri yang menyeberangkan mereka ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, itu tidak akan terjadi kalau ada Jembatan Selat Sunda.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement