Jumat 25 Oct 2013 11:53 WIB

Kesetaraan Gender di Dunia Meningkat

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Persamaan gender (ilustrasi).
Foto: remajaindonesia.org
Persamaan gender (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Forum Ekonomi Dunia atau WEF mengatakan, kesenjangan antara pria dan wanita telah menyempit dalam satu tahun terakhir di sebagian besar negara.

Islandia, Finlandia, dan Norwegia berada di posisi atas dalam daftar 136 negara yang disusun berdasarkan partisipasi politik, kesetaraan ekonomi dan hak seperti pendidikan dan kesehatan.

Timur Tengah dan Afrika Utara merupakan wilayah yang dinilai tidak berkembang dalam setahun terakhir dengan Yaman di posisi terbawah. Filipina dan Nikaragua, keduanya berada di dalam 10 besar.

WEF memberi laporan tahunan dalam delapan tahun terakhir. Posisi Islandia berada di puncak peringkat WEF. Negara itu sudah lima tahun berturut-turut menjadi negara dengan kesamaan gender yang baik.

Penulis laporan Saadia Zahidi mengatakan, sejak WEF mulai menyusun indeks pada 2006, 80 persen negara telah membuat kemajuan. "Apa yang mengkhawatirkan adalah ada 20 persen negara yang tidak memiliki kemajuan atau jatuh ke belakang," ujarnya dikutip BBC, edisi Kamis (24/10).

Dia mengatakan Uni Emirat Arab dan Arab Saudi merupakan negara yang berinvestas pada pendidikan dan kesehatan, namun tidak mengintegrasikan wanita pada ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement