Jumat 07 Feb 2014 20:01 WIB

Persipura Gagal Petik Poin Penuh

Red: Didi Purwadi
Persipura Jayapura
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
Persipura Jayapura

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Tuan rumah Persipura Jayapura gagal memetik poin penuh pada pertandingan Indonesia Super League (ISL) wilayah timur di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Jumat, setelah ditahan imbang 2-2 tamunya Madura United (MU).

Di babak pertama, Persipura langsung membuka serangan lewat dua strikernya Titus Bonai dan Ferinando Pabahol yang didukung oleh pemain tengah Ian Louis Kabes dan Gerald Pangkali. Berbagai uji coba serangan itu pun terjawab.

Dimenit ke-26, kapten tim Persipura Ian Louis Kabes berhasil memecah kebuntuan lini depan tim asuhan Jacksen F Tiago setelah mendapatkan umpan silang dari Ruben Sanadi di sisi kanan pertahanan Madura United. Bola umpan tersebut tanpa dikontrol langsung ditendang oleh pemain yang pernah berkostum timnas itu ke arah gawang MU.

Alhasil, gol tercipta. Kiper MU Gerru Mandagi gagal memblok bola yang ditendang Ian Kabes. Persipura sementara unggul atas tamunya MU 1-0. Gol ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, di menit-menit awal kedua tim saling serang. Tim tamu yang merasa tertinggal coba mengabil inisiatif serangan lewat Busari dengan melepaskan umpan silang di sisi kiri pertahahan Persipura tapi digagalkan oleh pemain belakang.

Persipura juga mencoba membuka serangan lewat Titus Bonay, sayang umpan panjang dari pemain bertahan Persipura ke mantan pemain Semen Padang itu lebih dekat dengan kiper Gerri Mandagi.

Di menit 52, Imanuel Wanggai digantikan oleh Nelson Alom karena cedera. Pada menit ke-59, Gerard Pangkali ditarik keluar dan pelatih Jacksen memasukan Lukas Mandowen dengan harapan bisa menambah gol.

Melihat Persipura melakukan pergantian pemain hanya kurun waktu tujuh menit, pelatih MU Daniel Roekito menggantikan Busari dengan Ade Suhendra agar lini tengah tim asal Madura itu bisa menahan laju serangan tim tuan rumah dan mengejar ketertinggalan.

Pergantian ini terbukti. Rossi Noprihanis yang bermain enerjik di sayap kanan MU berhasil melepaskan tendangan di luar kotak penalti Persipura, bola sempat membentur tiang gawang dan masuk.

Gol ini tercipta berkat serangan balik dari MU setelah sebelumnya Persipura mendapatkan keuntungan tendangan bebas. Merasa disamakan 1-1, Persipura balik menekan, MU bertahan.

Dimenit ke 79, Lukas Mandowen berhasil melepaskan tendangan keras di kiri atas gawang MU. Bola sempat mengenai tiang gawang namun tetap masuk. Skor pun berubah 2-1 untuk Persipura.

Merasa di atas angin, Persipura terlihat longgar di barisan tengah dan belakang. Peluang ini dimanfaatkan oleh anak asuh Daniel Roekito dengan memanfaatkan tendangan pojok, sempat terjadi kemelut di depan gawang Persipura. Bola liar jatuh ke kaki pemain pengganti Ade Suhendra.

Pemain bernomor punggung 21 itu melepaskan tendangan keras ke arah gawang, Yoo Jae Hoon, hanya berdiri melihat bola menghujam dengan keras di kanannya pada menit ke 85. Skor pun berubah 2-2. Hasil ini tetap bertahan hingga babak kedua usai.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَخَلَفَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ وَّرِثُوا الْكِتٰبَ يَأْخُذُوْنَ عَرَضَ هٰذَا الْاَدْنٰى وَيَقُوْلُوْنَ سَيُغْفَرُ لَنَاۚ وَاِنْ يَّأْتِهِمْ عَرَضٌ مِّثْلُهٗ يَأْخُذُوْهُۗ اَلَمْ يُؤْخَذْ عَلَيْهِمْ مِّيْثَاقُ الْكِتٰبِ اَنْ لَّا يَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّ وَدَرَسُوْا مَا فِيْهِۗ وَالدَّارُ الْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ
Maka setelah mereka, datanglah generasi (yang jahat) yang mewarisi Taurat, yang mengambil harta benda dunia yang rendah ini. Lalu mereka berkata, “Kami akan diberi ampun.” Dan kelak jika harta benda dunia datang kepada mereka sebanyak itu (pula), niscaya mereka akan mengambilnya (juga). Bukankah mereka sudah terikat perjanjian dalam Kitab (Taurat) bahwa mereka tidak akan mengatakan terhadap Allah, kecuali yang benar, padahal mereka telah mempelajari apa yang tersebut di dalamnya? Negeri akhirat itu lebih baik bagi mereka yang bertakwa. Maka tidakkah kamu mengerti?

(QS. Al-A'raf ayat 169)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement