Sabtu 01 Mar 2014 20:40 WIB

Jumlah Pengungsi Sinabung Terus Berkurang

Red: Didi Purwadi
Pengungsi Sinabung
Pengungsi Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Jumlah pengungsi erupsi gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara terus semakin berkurang dan hanya tinggal sebanyak 15.873 orang lagi di Posko Penampungan Kabanjahe.

Koordinator Media Center Penanggulangan Bencana Sinabung di Kabanjahe, Jhonson Tarigan, ketika dihubungi dari Medan, Sabtu, mengatakan berkurangnya jumlah pengungsi tersebut karena sebagian diantara mereka sudah pulang ke desa.

Pengungsi yang diizinkan untuk pulang ke desa, menurut dia, yang berada di luar radius 5 kilometer dari kawah gunung Sinabung.

"Kalau desa yang berada di zona merah atau di radius 3 kilometer dari kawah gunung Sinabung, warganya tidak diperbolehkan pulang ke rumah. Hal ini sangat berbahaya dan dapat mengancam keselamatan penduduk," ucap Jhonson.

Dia menambahkan Pemkab Karo bersaman Satuan Penanggulangan Bencana Sinabung dan relawan terus bekerja ekstra keras dalam pemulangan pengungsi tersebut.

"Pengungsi yang sudah kembali menempati desa dan rumah mereka, tetap mendapat bantauan makanan dan uang dari Pemerintah, karena belum bisa bekerja mengolah lahan pertanian yang rusak akibat erupsi Sinabung," kata Jhonson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement