Senin 31 Mar 2014 20:22 WIB

Status Gunung Lokon Masih Siaga

Red: Indira Rezkisari
Gunung Lokon
Foto: Fiqman Sunandar/Antara
Gunung Lokon

REPUBLIKA.CO.ID, TOMOHON -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi Bandung, masih menetapkan status siaga level III Gunung Lokon, di Kota Tomohon, Provinsi Sulut.

"Memang hingga kini belum ada perubahan ke status yang lebih rendah, meskipun pengusulan penurunannya sudah beberapa bulan lalu," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, di Kakaskasen, Farid Ruskanda Bina, Senin (31/3).

Dia mengatakan, belum lama ini petugas PVMBG Bandung telah mengambil data "global positioning system" (GPS) Gunung Lokon yang ditempatkan di beberapa titik untuk dianalisa bila terjadi perubahan bentuk tubuh gunung.

"Kami masih menunggu hasil analisa tersebut apakah terjadi perubahan bentuk akibat aktivitas magmatik atau tidak. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada jawabannya," kata dia.

Dia mengatakan, apabila melihat rekaman aktivitas vulkanik terjadi tren penurunan kegempaan bila dibandingkan dengan kondisi beberapa waktu lalu.

Saat ini, kata dia, dalam sehari terekam gempa vulkanik di bawah tiga yang mengindikasikan telah terjadi penurunan aktivitas.

"Walaupun demikian, kami tetap mengharapkan warga mematuhi rekomendasi PVMBG Bandung berkaitan dengan radius bahaya sejauh dua koma lima kilometer dari kawah Tompaluan. Di radius tersebut diharapkan tidak ada aktivitas," katanya.

PVMBG Bandung sempat menetapkan status awas level IV pada Juli 2011 dan setelah erupsi di akhir bulan itu statusnya diturunkan ke siaga level III.

Status ini masih bertahan hingga saat ini, meskipun rangkaian erupsi nanti berhenti pada September 2013 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement