Rabu 02 Apr 2014 15:51 WIB

Gempa dan Tsunami Cile Sudah Tewaskan 5 Orang

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Gempa bumi yang memicu tsunami dahsyat di Jepang pada Maret lalu.
Foto: AP
Gempa bumi yang memicu tsunami dahsyat di Jepang pada Maret lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO-- Sebuah gempa bumi berkekuatan besar 8.2SR mengguncang lepas pantai utara Cile pada Selasa. Getaran gempa yang kuat ini menyebabkan lima orang tewas dan memicu peringatan tsunami di pantai dengan tinggi gelombang yang mencapai dua meter.

Para pejabat mengatakan para korban tewas termasuk para warga yang tertimpa runtuhan dinding atau terkena serangan jantung. Dilansir dari Reuters, pemerintah pun segera mengevakuasi warga di pantai utara Cile.

Pusat Peringatan Tsunami Pacific mengatakan gempa menyebabkan tsunami besar dengan gelombang terbesarnya setinggi dua meter. Angkatan Laut Chili juga mengatakan gelombang besar pertama menghantam pantai dalam waktu hanya 45 menit.

Peringatan tsunami dikeluarkan di pantai Pasifik Meksiko di Amerika Tengah dan Selatan. "Gempa sebesar ini berpotensi menyebabkan tsunami di garis pantai di dekat pusat gempa dalam hitungan menit dan menerjang garis pantai yang lebih jauh dalam hitungan jam," kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik .

"Perubahan permukaan laut dan arus yang kuat dapat terjadi di sepanjang pantai yang bisa membahayakan perenang dan pelaut serta orang-orang di dekat pantai," kata pusat peringatan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement