Kamis 24 Apr 2014 20:55 WIB

Pekerja Millenial, Lebih Suka Bekerja di Luar Kantor?

Red: Taufik Rachman
Berinternet dengan fasilitas hotspot. Ilustrasi
Foto: courtesy of muslimfoto.com
Berinternet dengan fasilitas hotspot. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Perkembangan teknologi informasi, rupanya, ikut mempengaruhi pula gaya hidup para pekerja di Indonesia. Bekerja di luar kantor rupanya tengah menjadi tren dan sangat diminati para pekerja millenial di Indonesia.

Suatu diriset yang dilakukan VMware MeConomy 2014 mencatat ada dinamika perubahan New Workplace (tempat kerja baru) seiring bergantinya profil pekerja dari seorang baby boomer ke seorang millenial.

Tenaga kerja millennial (juga dikenal sebagai Pekerja Baru), adalah orang yang lahir di era mobile, menduduki posisi-posisi di korporasi, dan mereka memiliki harapan tinggi kepada IT untuk memungkinkan melakukan bisnis sesuai dengan cepatnya kehidupan. Mereka lahir setelah tahun 1982, dan sekarang berusia antara 12 sampai dengan 32 tahun.

Dari riset itu terungkap bahwa 87 persen responden pekerja dewasa di Indonesia memiliki banyak perangkat. Sebanyak 92 persen responden pekerja dewasa di Indonesia melakukan worked-on-the-go atau bekerja saat perjalanan berangkat dan pulang kerja.