Kamis 08 May 2014 02:53 WIB

Kekerasan pada Anak Bukti Lemahnya Pengasuhan Ortu

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Didi Purwadi
Kekerasan pada anak.   (ilustrasi)
Foto: EPA/Francis R. Malasig
Kekerasan pada anak. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bermunculannya kasus kekerasan seksual terhadap anak belakangan ini merupakan bukti terjadinya degradasi moral pada masyarakat. Fenomena ini khususnya terjadi pada orang dewasa.

Anggota Komisi E DPRD Jabar, Ani Rukmini, mengatakan moralitas masyarakat saat ini terganggu akibat minimnya pengetahuan agama. Selain itu, kebebasan hak azasi yang banyak disuarakan sebagian masyarakat turut menjadi faktor mundurnya moralitas ini.

"Sebagai contoh, atas dasar hak azasi dan kebebasan, banyak kalangan yang menginginkan homoseksual dan lesbian dilegalkan. Akibatnya ini kan, banyak kekerasan seksual. Apakah ini yang namanya kebebasan," ujar Ani.

Ani mengatakan bermunculannya kasus kekerasan seksual terhadap anak menjadi bukti lemahnya perhatian dan pengawasan dari orang tua itu sendiri. Yakni, peran orang tua dalam pengasuhan anak sangat minim terutama pada orang tua yang memiliki banyak kesibukan.

Ani pun menilai banyak orang tua yang tidak memiliki keterampilan dalam mengasuh anak. Orang tua sibuk sehingga anak tidak diasuh dengan baik.

Orang tua tidak pernah menanyakan hal apa saja yang terjadi pada anaknya itu. ‘’Dengan siapa anaknya bermain, apa saja yang dilakukan, sama sekali tidak pernah ditanyakan," kata Ani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement