Ahad 27 Jul 2014 21:14 WIB

Mengintip Hewan Peliharaan di Rumah Jokowi

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih
Joko Widodo (tengah) berbincang dengan wartawan di rumah kediamannya di kawasan Sumber, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (26/7) malam.
Foto: antara
Joko Widodo (tengah) berbincang dengan wartawan di rumah kediamannya di kawasan Sumber, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (26/7) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memelihara banyak burung di kediamannya di Solo. Jokowi memiliki 10 ekor burung beragam jenis.

"Ada cucak rawa, jalak, perkutut, parkit," ujar presiden terpilih yang baru akan dilantik pada 20 Oktober tersebut, menyebut jenis-jenis burung peliharannya.

Burung-burung itu dipelihara di dalam sangkar yang digantung di halaman belakang rumah Jokowi. Tiap pagi, burung-burung tersebut bernyanyi bersahut-sahutan membuat suasana rumah menjadi meriah.

Selain burung, mantan wali kota Solo tersebut juga memelihara dua ekor ayam kate warna putih.

Jokowi mengatakan, istrinya yang membeli hewan-hewan tersebut. "Ibu Iriana sering nongkrong di pasar burung. Kalau ibu yang beli murah. Tanya ke pasar burung di sana. Bu Jokowi seberapa sering ke sana," kata dia.

Lain di Solo, lain pula di Jakarta. Di rumah dinasnya di Jakarta, Jokowi memelihara beberapa ekor kucing dan katak. 

Kucing, menurut Jokowi, dipelihara oleh anaknya. Sementara katak yang dipelihara di dalam kolam ikan, sengaja dipelihara untuk memeriahkan suasana rumahnya.

"Kalau malam suka bunyi 'kwang, kwong, kwang, kwong'," ujar Jokowi menirukan suara kataknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement