Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

16 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sampah di Pantai Kuta Capai 80 Ton

Senin 15 Dec 2014 11:43 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

Para wisatawan sedang menikmati pantai Kuta yang dikotori banyak sampah, Ahad (29/1). (Republika/Rusdy Nurdiansyah)

Para wisatawan sedang menikmati pantai Kuta yang dikotori banyak sampah, Ahad (29/1). (Republika/Rusdy Nurdiansyah)

REPUBLIKA.CO.ID, KUTA -- Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Badung, I Putu Eka Merthawan mengatakan berhasil mengumpulkan 80 ton sampah basah dalam dua pekan kegiatan pembersihan sampah di area Pantai Kuta, Bali. Volume sampah ini menurutnya belum mencapai kondisi darurat seperti dua hingga tiga tahun lalu, yaitu 200 ton per hari.

"Angin musim barat belum bertiup terlalu kencang di Bali, hujan juga belum terlalu deras karena musimnya mengalami kemunduran. Meski demikian, tanda-tanda datangnya sampah kiriman sudah terlihat di bibir Pantai Seminyak, Legian, Kuta berupa sampah plastik, kata Merthawan dihubungi Republika, Senin (15/12).

Berdasarkan pantauan para nelayan, kata Merthawan, sampah kiriman tersebut juga mengapung cukup banyak sekitar 17 mil dari bibir Pantai Kuta. Dinas mengantisipasi fenomena tahun ini dengan menyiapkan tiga unit alat berat wheel loader, 10 unit dam truck, satu unit truk bantuan langsung dari Bupati Badung, tiga unit traktor dan dua unit mobil Kijang pick up untuk pengiriman sampah dari pesisir pantai.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Badung bekerja sama dengan Dinas Pariwisata mencoba menyebarluaskan informasi ini ke berbagai pihak, termasuk media, travel agent seluruh dunia untuk memaklumi kondisi tersebut. Pemerintah kabupaten juga sudah menyiapkan petugas kebersihan sampah yang bekerja 24 jam. Bencana ekologis tahunan di Bali ini diperkirakan berlangsung hingga Februari-Maret 2015.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile