Selasa 25 Jan 2022 12:07 WIB

KSAD Dudung akan Sertijab Jabatan Pangkostrad Mayjen Maruli Pekan Depan

Pelaksanaan sertijab serentak dengan sejumlah jabatan Pangdam yang baru ditunjuk.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ratna Puspita
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memimpin Apel Gelar Pasukan jajaran TNI AD wilayah Jabodetabek di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (25/1).
Foto: Republika/Flori Sidebang
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memimpin Apel Gelar Pasukan jajaran TNI AD wilayah Jabodetabek di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (25/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan, bakal segera melakukan serah terima jabatan (sertijab) kepada Panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Mayjen Maruli Simanjuntak. Dudung menyebut, serah terima jabatan itu akan dilakukan pada Senin pekan depan.

"Direncanakan kalau enggak salah hari Senin tanggal 31 Januari 2022," kata Dudung di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga

Dudung menuturkan, pelaksanaan sertijab itu juga serentak dilakukan bersama dengan sejumlah jabatan Panglima Kodam (Pangdam) lainnya yang baru ditunjuk. "Pelantikan Pangkostrad akan dilantik bersama-sama dengan Pangdam Udayana, dan Pangdam lainnya," ujar dia. 

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku belum mengetahui rencana jadwal pelantikan Pangkostrad maupun pejabat perwira tinggi lainnya. Andika menjelaskan, kegiatan itu berdasarkan keputusan dari masing-masing angkatan.

"Kalau yang di masing-masing angkatan ya diacarakan oleh masing-masing angkatan," kata Andika di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Penunjukan Maruli sebagai Pangkostrad dan beberapa Pangdam lainnya tercantum dalam Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI Nomor 66/I/2022. Keputusan ini ditandatangani oleh Andika Perkasa pada 21 Januari 2022.

Maruli mengisi kekosongan jabatan Pangkostrad setelah Jenderal Dudung Abdurachman dilantik sebagai KSAD pada November 2021 lalu. Sebelum menjabat sebagai Pangkostrad, Maruli diketahui menduduki posisi Pangdam IX/Udayana. Posisi itu kini diisi oleh Mayjen Sonny Aprianto.

Kemudian, Pangdam III/Siliwangi diduduki oleh Mayjen Kunto Arief Wibowo. Dia menggantikan Mayjen Agus Subiyanto yang dipromosikan menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (WKSAD).

Lalu, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Gabriel Lema yang menggantikan Mayjen I Nyoman Cantiasa. Sebab, Cantiasa mendapatkan jabatan baru sebagai Pangkogabwilhan III.

Selanjutnya, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Andi Muhammad. Dia menggantikan Mayjen Mochamad Syafei Kasno yang kini menjabat Dosen Tetap Universitas Pertahanan.

Baca juga : Pedagang Pasar Tradisional: Pembeli Minyak Goreng Ngomel Bandingin Harga dengan Ritel

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement