Jumat 21 Nov 2014 22:25 WIB

NTB Tingakatkan Potensi Kemaritiman

Rep: C16/ Red: Julkifli Marbun
Gubernur NTB Zainul Majdi
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Gubernur NTB Zainul Majdi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi mengharapkan visi penguatan potensi kemaritiman yang dicanangkan Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla dapat turut serta mengembangkan potensi kemaritiman yang ada di NTB. Pasalnya, NTB memiliki potensi yang besar di bidang industri perikanan dan kelautan serta industri wisata bahari.

"Sebenarnya potensi kemaritiman yang ada di NTB sangat besar" kata alumnus Universitas Al-Azhar Kairo ini kepada Republika, Jumat (21/11).

Muhammad Zainul Majdi mengaku selama ini ia kerap menghadapi banyak kendala dalam mengembangkan potensi kemaritiman di daerahya. Padahal, menurut dia, indutri kemaritiman tersebut sebetulnya dapat dijadikan sebagai penopang utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB.  

Mantan anggota DPR RI komisi X periode 2004-2009 ini mengaku meskipun NTB memegang rekor sebagai penghasil rumput laut terbesar di Indonesia namun selama ini hasil produksi nya terbilang rendah bahkan tidak bisa menembus pasar internasional. Menurut dia, hal tersebut sangat dipengaruhi dari segi pengelohannya yang masih belum maksimal.