Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pilkada 2015 Terancam Molor, Kemendagri Mulai Siapkan PJ Kepala Daerah

Senin 01 Dec 2014 08:31 WIB

Rep: Ira Sasmita/ Red: Esthi Maharani

Pilkada 2015

Pilkada 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai menyiapkan penjabat (Pj) gubernur dan Plt bupati/walikota untuk 204 daerah yang masa jabatannya sudah habis pada tahun 2015 nanti. Pj disiapkan dari sekarang lantaran masih belum adanya kepastian waktu pemungutan suara pilkada sementara menjelang pertengahan tahun masa jabatan sebagian kepala daerah sudah berakhir.

 

"Kami menyiapkan Pj gubernur, bupati, walikota yang akan pilkada tahun depan. Karena ada yang Maret, April tahun depan sudah habis masa tugasnya," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (1/12).

Untuk Pj bupati/walikota, menurut Tjahjo, Kemendagri meminta gubernur untuk menyiapkan. Sementara Pj gubernur di delapan provinsi, ditunjuk langsung oleh Kemendagri.

"Ada hampir 200 kepala daerah tingkat II yang kami mintakan  gubernurnya untuk menyiapkan Pj. Kami juga siapkan eselon I kami untuk Pj gubernur di delapan provinsi," ujar Tjahjo.

Meski cukup banyak daerah yang akan dipimpin Pj dalam kurun waktu tidak singkat, Tjahjo menjamin tidak akan mempengaruhi kinerja pemerintah daerah. Karena Pj tinggal menjalankan sistem dan aturan yang sudah ada.

"Saya kira enggak akan ada masalah, sistem kita sudah berjalan dengan baik. Makanya supaya tidak mengganggu kinerja, kami siapkan Pj dari sekarang sehingga nanti tidak ada kevakuman," ungkapnya.

Data Kemendagri menunjukkan delapan gubernur dan 196 bupati/walikota akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2015. Beberapa bahkan berakhir pada awal tahun.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile