Kamis 01 Jan 2015 13:21 WIB

Gelombang Capai 4 Meter, Nelayan Diminta Waspada

Red: Didi Purwadi
Gelombang Laut (Ilustrasi)
Foto: Hickerphoto
Gelombang Laut (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini adanya potensi angin kencang serta gelombang setinggi empat meter bakal terjadi di perairan Bangka Belitung pada Jumat (2/1).

"Ketinggian gelombang ini diperkirakan akan terjadi di perairan utara Pulau Bangka dengan kecepatan angin mencapai 45 kilometer per jam," kata staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Akhmad Fadholi, di Pangkalpinang, kamis.

Ia mengatakan pihaknya telah mengimbau nahkoda kapal dan pengguna jasa transportasi laut lainnya lebih meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi aktivitas di perairan.

"Kita mengimbau pengguna jasa perhubungan laut terutama nelayan untuk mewaspadai kondisi cuaca buruk ini karena bisa mengakibatkan kecelakaan laut dan mengancam keselamatan jiwa," ujarnya.

Sementara itu, ketinggian gelombang di perairan Babel lainnya yakni Selat Gelasa dan Selat Karimata mencapai 3,5 meter. Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Selatan Bangka dengan ketinggian mencapai 2,5 meter dan kecepatan angin berkisar antara 15-43 kilometer per jam.

Ia menambahkan gelombang di selat Bangka berkisar antara satu hingga dua meter dengan kecepatan angin mencapai 35 kilometer per jam dari arah Barat menuju Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement