Rabu 04 Feb 2015 08:19 WIB

Istana: Jokowi Tunggu Waktu yang Tepat Putuskan Nasib BG

Red: Ilham
Jokowi
Foto: VOA
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menunggu waktu yang tepat untuk menyampaikan keputusan tentang kelanjutan proses pelantikan calon Kapolri. Jokowi telah mendapat pertimbangan dari berbagai pihak.

"Yang pernah diucapkan Presiden, bisa sebelum atau bisa sesudah, ada sesuatu yang sedang dikalkulasi Presiden, kami yang di staf tinggal tunggu saja," kata Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto kepada wartawan di Kompleks Istana Presiden, Selasa (3/2) malam.

Andi mengatakan, Presiden Joko Widodo telah mendapat masukan yang cukup dan saat ini tengah melakukan kalkulasi untuk kemudian menyampaikan keputusannya terkait dengan masalah tersebut. Ia juga mengaku siap jika presiden harus mengeluarkan Perppu untuk memastikan KPK tetap bisa menjalankan fungsinya.

"Jika dalam kondisi yang berdasarkan Undang-undang sekarang mengharuskan Presiden keluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-udang, untuk pastikan pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK tetap jalan, konsep Perppu sudah siap," katanya.