Ahad 15 Feb 2015 15:26 WIB

Polisi Tembak Mati Pelaku Penembakan Kopenhagen

Rep: c84/ Red: Esthi Maharani
Terduga pelaku penembakan Copenhagen yang terekam CCTV,Sabtu (14/2)
Foto: Reuters
Terduga pelaku penembakan Copenhagen yang terekam CCTV,Sabtu (14/2)

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Kepolisi Denmark mengatakan telah menembak mati seorang pria yang diduga sebagai pelaku penembakan dalam sebuah seminar penistaan agama yang dilakukan di sebuah kafe dan juga di dekat sinagog, Kopenhagen, Denmark.

Seorang penyidik, Joergen Skov mengatakan penyelidikan awal mengatakan tidak ada yang menunjukkan ada orang bersenjata lainnya yang terlibat dalam penembakan yang menewaskan dua orang dan melukai lima polisi tersebut.

Namun, kepolisian setempat belum mengkonfirmasi apakah serangan yang terjadi di kedua tempat itu saling berkaitan. Dalam kedua penembakan tersebut, pelaku dilaporkan melarikan diri.

"Kami mencari dua pelaku," kata juru bicara polisi Allan Wadsworth-Hansen kepada wartawan.

Dua jam kemudian, polisi mengumumkan mereka telah menembak dan membunuh seorang pria yang  menembaki polisi di dekat stasiun kereta api dan sedang menyelidiki apakah pria tersebut merupakan pelaku dari penembakan di kafe dan sinagog.

Dalam pernyataannya, tidak ada polisi yang terluka dalam baku tembak tersebut.

Insiden pertama terjadi pada Sabtu (14/2) pukul 16.00 waktu setempat. Kepolisian Denmark mengatakan pelaku menggunakan senjata otomatis untuk menembak melalui jendela kafe yang sedang menggelar seminar tentang kebebasan berekspresi setelah serangan di Paris lalu.

Seorang pria berusia 55 tahun yang menghadiri acara tersebut dilaporkan tewas, sementara tiga polisi terluka.

Lars Vilks, seorang seniman Swedia yang telah menghadapi berbagai ancaman kematian karena membuat karikatur Nabi Muhammad, adalah salah satu pembicara utama pada acara tersebut. Ia langsung diamankan oleh pengawalnya usai insiden tersebut.

Vilks yakin serangan tersebut ditujukan kepadanya. "Apa ada motif lain ? Itu mungkin terinspirasi oleh Charlie Hebdo," katanya,

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ فَاِنْ اُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ وَلَا تَحْلِقُوْا رُءُوْسَكُمْ حَتّٰى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهٗ ۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ بِهٖٓ اَذًى مِّنْ رَّأْسِهٖ فَفِدْيَةٌ مِّنْ صِيَامٍ اَوْ صَدَقَةٍ اَوْ نُسُكٍ ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ ۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهٗ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka dia wajib berfidyah, yaitu berpuasa, bersedekah atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barangsiapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (musim) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 196)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement