Jumat 20 Feb 2015 13:49 WIB
Kisruh Lion Air

Jonan: Lion Air Harus Selesaikan Ganti Rugi Penumpang

Rep: c85/ Red: Bilal Ramadhan
Puluhan penumpang pesawat Lion Air menyerbu loket penjualan tiket di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (20/2). Para penumpang Lion Air protes dan meminta pengembalian uang akibat delay puluhan jam yang dialami.
Foto: Antara
Puluhan penumpang pesawat Lion Air menyerbu loket penjualan tiket di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (20/2). Para penumpang Lion Air protes dan meminta pengembalian uang akibat delay puluhan jam yang dialami.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyusul delay sejumlah jadwal penerbangan maskapai Lion Air yang berimbas dengan terlantarnya ratusan calon penumpang di sejumlah bandara di Indonesia, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan bahwa tugas pertama Lion Air adalah menyelesaikan ganti rugi tiket calon penumpang.

Jonan mengatakan, PT Angkasa Pura II akan meminjamkan dana sebesar Rp 3 miliar bagi Lion Air untuk biaya penggantian tiket.

"Ini kan belum selesai, pertama itu kita selesaikan dulu kita bantu supaya penumpang bisa disalurkan jadi saya akan ngasih arahan apakah uangnya dikembalikan, Lion Air tidak siap uangnya jadi dibantu oleh Angkasa Pura dua, dipinjamkan," jelas Jonan, Jumat (20/2).

Namun, Jonan menegaskan bahwa urusan ganti rugi tiket sesungguhnya tanggung jawab maskapai sepenuhnya. Untuk itu, Jonan menyatakan bahwa Lion Air harus menyelesaikan permasalahan ini sepenuhnya.

"Kedua, kita akan panggil setelah itu. Kita minta lagipaparan atau analisa cara penanganan penumpang dengan baik. Karena maskapai Lion Air itu juga mungkin kurang lebih atau bahkan, lebih besar dari jumlah penumpang Garuda," ujar Jonan.

Jonan meminta agar Lion Air memperhatikan Standar Operasi Prosedur (SOP) dalam menangani krisis seperti saat ini. "Seperti di Garuda ada, KA ada, Pelni ada, ini harus ada. Kan ini bukan perusahaan kecil," ujarnya lagi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement