Selasa 21 Apr 2015 16:36 WIB

Pesan Risma untuk Perempuan Miliki Gaji Tinggi

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani.
Foto: Republika/Wihdan
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA-- Suasana peringatan Hari Kartini yang digelar Pemerintah Kota di Balai Kota Surabaya, Selasa sedikit berbeda dengan sebelumnya. Ini dikarenakan Pemerintah Kota Surabaya pada peringatan kali ini lebih menonjolkan sisi feminim yang ditanamkan di kalangan para laki-laki, yakni dengan adanya lomba memasak nasi goreng yang wajib diikuti para kepala dinas dan camat laki-laki.

Lomba masak berjalan menarik. Tidak jarang aksi pejabat pemkot dari kaum Adam tersebut diselingi gelak tawa. Maklum, tidak semua terbiasa meracik bumbu dan mengolah nasi goreng di depan penggorengan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan gaya kepemimpinan para pejabat di kantor tidak diterapkan di rumah karena, menurut perempuan pertama yang menjabat wali kota Surabaya itu, di rumah orang tua juga berkomunikasi dengan anak.

Ia mengakui di lingkungan pemerintah kota beberapa pegawai gagal membina rumah tangganya hanya karena persoalan sepele, yakni gaji istri lebih tinggi dari suaminya. "Macam-macam (penyebab cerai). Ada juga karena yang perempuan merasa pendapatannnya lebih tinggi, jadi ada perubahan sikap," katanya.

 

Wali kota menegaskan dalam karir perempuan boleh berkarir. Namun, ia meminta tidak melupakan kodratnya sebagai ibu rumah tangga. Ia menambahkan, dalam lingkungan pemerintah kota ia telah memberi kesempatan pada perempuan untuk menduduki jabatan yang sama dengan kaum pria. Ia mencontohkan, kepala Dinas Kebakaran yang saat ini dijabat oleh perempuan.

Menurutnya, keputusan yang ia buat merupakan keputusan yang berani karena hampir tidak ada jabatan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran disandang oleh perempuan. "Ini mungkin pertama di dunia, saya tunjuk Kepala Dinas PMK perempuan. Artinya saya tidak membedakan," terangnya.

Risma menegaskan meski memiliki prestasi perempuan harus bisa menempatkan dimana dirinya berada. Untuk itu, Risma berkeyakinan, perempuan yang berhasil dalam karirnya juga seharusnya bisa berhasil pula dalam membina keluarganya.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Kartini. Semoga semangat perjuangan RA Kartini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh wanita nusantara," kata wali kota yang masuk jajaran 50 pemimpin terbaik versi Fortune.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement