Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Jimly Optimistis Pilkada Serentak Minim Proyek Main Mata Incumbent

Jumat 05 Jun 2015 23:20 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Hazliansyah

Jimly Asshidiqie

Jimly Asshidiqie

Foto: Agung Supriyanto/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengaku optimis penyelenggaraan Pilkada serentak pada Desember mendatang akan lebih baik dibandingkan Pemilu-pemilu sebelumnya. 

Menurutnya, proyek main mata pemerintah incumbent dengan penyelenggara Pilkada seperti yang dikhawatirkan akan minim di Pilkada kali ini.

"Saya optimistis penyelengaraan Pilkada Desember ini akan lebih baik dari sebelumnya," ujar Jimly di Jakarta, Jumat (5/6).

Menurutnya, hal itu karena penyelenggara Pilkada telah diingatkan akan sanksi yang diberikan dengan tindakan tersebut. Ia mengatakan pengalaman Pemilu sebelumnya harus dijadikan pelajaran bagi para penyelenggara Pemilu agar tidak melakukan kesalahan berulang.

Ia mencontohkan kasus yang menimpa Bawaslu provinsi Jatim yang kemudian menyeret tiga komisionernya menjadi tersangka.

"Saya sudah keliling, selalu ingatkan terutama kasus yang terjadi, yang terkait dengan incumbent, itu salah satu sumber masalah. Tapi mudah-mudahan semua aparat penyelenggara Pilkada ini belajar dari kasus sebelumnya, lebih waspada," ujar Jimly.

Menurutnya, semua pihak penyelenggara harus mampu menjaga prinsip dan kode etik kelembagaan yang diembannya. Hal ini demi berhasilnya proses penyelenggaraan Pilkada.

"Kita ingin Pilkada ini berjalan lebih baik dari sebelumnya, kita ingin menghasilkan kepala daerah yang bisa dipercaya oleh rakyat," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile