Senin 06 Jul 2015 21:10 WIB

Daging di Bogor Dijamin Halal

Red: Karta Raharja Ucu
Sate daging sapi panggang
Foto: Foodiest
Sate daging sapi panggang

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Pertanian Kota Bogor, Jawa Barat, menjamin produk daging yang dijual di sejumlah pasar tradisional dan pasar modern, memenuhi standardisasi halal dan utuh. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Setiap tahun kita memberikan pelatihan bagi para pemotong hewan, kita jamin daging yang dipotong dari RPH di Bogor halal dan utuh," kata Kepala Dinas Pertanian Azrin Syamsudin di Bogor, Senin (6/7).

Azrin menyebutkan, warga Kota Bogor umumnya lebih menyukai daging segar dibanding daging beku. Pemasaran daging beku (impor) lebih banyak dijumpai di pasar-pasar modren. "Daging yang dijual di pasar tradisional mayoritas berasal dari Jawa Tengah," katanya.

Selama Ramadhan, lanjut Azrin, masyarakat harus cermat memilih daging untuk dibeli di pasar, hal ini untuk menghindari pedagang-pedagang nakal yang mencoba mencari keuntungan saat penjualan daging meningkat. "Tips untuk menghindari pedagang daging yang nakal, belilah daging di pedagang yang sudah biasa kita beli (langganan), belilah daging yang tergantung agar jelas kualitasnya," katanya.