Jumat 18 Sep 2015 11:22 WIB

Kemenkes Terjunkan Tim Kesehatan ke Riau

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Angga Indrawan
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, Kementerian Kesehatan mengirim tim kesehatan untuk penanggulangan asap. Kabut asap di Riau sudah pada level yang membahayakan.

"Tim kesehatan ini terdiri dari 15 tenaga kesehatan terdiri dari dokter spesialis paru, dokter penyakit dalam, dokter anak, ahli penyehatan lingkungan. Mereka akan memberikan bantuan kepada pasien-pasien di Riau yang terkena dampak asap," katanya, Jumat, (18/9).

Tim kesehatan untuk penanggulangan asap ini, ujar Nila, membawa masker, obat-obatan, dan makanan. Masker yang telah dikirimkan ke Riau sejak awal terjadinya masalah asap sebanyak 260 ribu buah.

Level asap di Riau, terang dia, sudah dalam kondisi membahayakan. "Makanya kami memaksimalkan tenaga kesehatan di daerah setempat dan mengirim tenaga kesehatan ke sana, mereka dibantu sampai level asapnya turun."

Sebelumnya, ujar Nila,  Kemenkes sudah meminta Dinas Kesehatan  Sumatra Barat untuk mengirimkan masker ke Riau. "Kami juga meminta rumah sakit dan  puskesmas di Riau berjaga 24 jam dalam tanggap darurat asap," pungkasnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement