Senin 19 Oct 2015 01:47 WIB

DKI Klaim Reklamasi Dimulai Sejak Tahun 1995

Rep: C26/ Red: Ilham
Sebuah proyek reklamasi (ilustrasi)
Foto: Antara
Sebuah proyek reklamasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), Tuty Kusumawati mengungkapkan, reklamasi wilayah utara Jakarta sudah dimulai sejak tahun 1995. Hal itu ditandai dengan keputusan presiden (kepres) yang mengatur proyek reklamasi sepanjang pantai utara Jakarta.

“Reklamasi itu kegiatan yang sudah dimulai sejak tahun 1995 diawali dengan Kepres 52 tahun 1995,” kata Tuty saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (18/10).

Menurutnya, sejak dulu reklamasi digagas untuk menjadi satu upaya memperbaiki lingkungan di kawasan utara Jakarta. Proyek ini ingin menjadikan Jakarta memiliki kawasan baru yang modern.

Ia mengatakan, pemerintah menilai kawasan Jakarta sudah sangat padat.

Karenanya, perlu ada upaya untuk menciptakan kawasan baru untuk menampung perkembangan industri Jakarta yang semakin maju.

Selain Kepres, ia menyebut ada pula Perda Nomor 8 Tahun 1995 yang juga mengatur penataan pantai utara Jakarta. Namun, menurutnya, kala itu proyek reklamasi belum segenting saat ini.

Saat ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama gencar melakukan reklamasi.

Sebanyak 17 pulau di pantai utara Jakarta akan disulap menjadi kawasan industri dan bisnis.

Basuki sepertinya tidak bermain-main. Ia bahkan sampai bertandang ke Roterdam beberapa waktu lalu untuk meninjau kesuksesan reklamasi yang dilakukan negeri kincir angin tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement