Senin 23 Nov 2015 09:29 WIB

PT KAI Siap Aktifkan Kembali Jalur Jakarta Kota-Tanjung Priok

Rep: c33/ Red: Hazliansyah
Pekerja melakukan renovasi Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (9/11).   (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Pekerja melakukan renovasi Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (9/11). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan melalui Direktotat Jendral Perkeretaapian akan mengaktifkan kembali jalur kereta api untuk rute stasiun Jakarta Kota - Tanjung Priok. Diharapkan rute ini bisa membantu masyarakat dalam opsi moda transportasi darat ketika ingin pergi ke wilayah Tanjung Priuk.

Senior Manajer Coorporate Communication PT KAI Daop 1 Jakarta Bambang Setio Prayitno membenarkan kabar itu. Ia  mengimbau kepada masyarakat di sepanjang jalur KA mulai dari stasiun Jakarta Kota - Kampung Bandan, Ancol hingga stasiun Tanjung Priok supaya tidak melakukan aktifitas di sekitar jalur KA.

"Panjang jarak antara kedua stasiun tersebut adalah 8,086 kilometer. Hati-hati melintas di perlintasan sebidang jalan raya dengan rel karena nanti akan ada uji coba," katanya ketika dihubungi pada Senin (23/11).

Ia mengakui reaktifasi rute tersebut tergolong terlambat. Sebab rute Citayam - Nambo yang berjarak 12,6 kilometer telah dioperasikan lebih dulu oleh PT KCJ. Padahal ia sempat ingin meresmikan kedua jalur tersebut bersamaan.